XP Boost

Written By Rania Naura

Published on

Code Duplication Bikin Kode Makin Kompleks! Ini 4 Trik Jitu Buat Mengatasinya

Code Duplication Bikin Kode Makin Kompleks! Ini 4 Trik Jitu Buat Mengatasinya

Kalau kamu mikir, code duplication atau duplikasi kode itu jadi cara efektif buat menghemat waktu, kamu salah besar! Code duplication ini sering banget bawa banyak kerugian jangka panjang yang bisa merusak efisiensi dan kualitas software. Penasaran apa itu code duplication? Cek di bawah ini!

Code Duplication

Di software development, code duplication itu pengulangan blok kode yang sama di berbagai bagian program. Awalnya, kamu mungkin bakal mikir kalau code duplication jadi cara cepat buat menyelesaikan proyek, tapi ini justru bisa jadi masalah besar dalam jangka panjang.

Biasanya, code duplication terjadi saat developer ingin mempercepat pekerjaannya untuk efisiensi jangka pendek. Mereka juga terkadang terdesak karena adanya perubahan di tengah proyek, yang akhirnya mengulangi beberapa kode yang sudah ada.

Beberapa jenis code duplication yang sering terjadi:

  • Exact Duplication: Kode yang di-copy paste sama persis di berbagai program
  • Partial Duplication: Kode yang punya kemiripan tapi dengan sedikit variasi

Kalau sudah terlanjur copy paste code, reaksi kamu mungkin bakal kayak gini:

Tentang Code Duplication - onxp blog

Tantangan Teknis Gara-Gara Code Duplication

Gara-gara pengen solusi cepat, tim developer malah terjebak di tantangan teknis yang bikin kewalahan. Apa aja tantangan teknisnya?

Kesulitan Maintain Code

Jika terjadi code duplication karena tim developer kamu meng-copy paste code untuk berbagai program, mereka harus memperbarui dan memperbaiki kode duplikat secara manual. Jika tidak, maka masalah yang lebih besar pun muncul, misalnya bug tersembuni atau kesalahan yang tak terdeteksi.

Meningkatkan Biaya Maintenance

Demi efisiensi sesaat, perusahaan kamu jadi tertimpa batunya karena banyak kode duplikat di berbagai program. Setiap perubahan kecil butuh lebih banyak waktu dan tenaga, yang akhirnya meningkatkan biaya operasional.

Waktu dan Sumber Daya Terbuang

Alih-alih membuat kode baru atau menambahkan fitur, tim developer justru akan menghabiskan banyak waktu untuk merawat dan memperbaiki kode tersebut.

Pada akhirnya, ini bisa mengurangi produktivitas mereka demi menangani masalah yang muncul dari kode yang sama di berbagai tempat. Plus, pekerjaan bakal tertunda, proyek pun jadi molor.

Meningkatkan Kompleksitas Kode

Code duplication bikin basis kode jadi lebih kompleks dan susah dimengerti. Tim developer akan berusaha keras memahami alur logika program, yang akhirnya memperlambar proses development.

Kualitas Produk Menurun

Udah bikin tim developer bingung, ditambah lagi, code duplication bisa mengurangi standar kualitas produk. Dengan adanya banyak titik potensi error, aplikasi cenderung kurang stabil dan mungkin tidak memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, yang pada akhirnya bisa mempengaruhi reputasi bisnis.

Trik Jitu Atasi Code Duplication

Kalau kamu sangat menghindari masalah-masalah di atas, artinya kamu perlu cari cara buat mengurangi code duplication demi meningkatkan efisiensi development dan menjaga biar kode tetap bersih dan mudah di-maintain. Berikut beberapa trik jitu yang bisa kamu coba:

Manfaatkan Kode yang Sudah Ada (Code Reuse)

Trik itu yang pertama, kamu bisa mengurangi duplikasi kode dengan memanfaatkan modul atau fungsi yang sudah ada. Daripada menulis ulang, jadikan komponen ini reusable melalui library atau framework, sehingga waktu dan tenaga tak banyak terbuang.

Refactoring Code

Refactoring Code - onxp blog

Gara-gara kode duplikat di berbagai program, tim developer jadi harus mengubah kode di banyak tempat sekaligus – ribet kan? Nah, kamu bisa pake teknik refactoring buat merapikan atau memperbaiki struktur kode yang sudah ada tanpa mengubah fungsinya.

Terapkan Prinsip DRY (Don't Repeat Yourself)

Kamu bisa menerapkan prinsip DRY (Don't Repeat Yourself), yang menekankan agar setiap informasi atau logika hanya ada di satu tempat dalam kode.

Selalu gunakan libraries atau frameworks yang ada untuk fungsionalitas yang sudah tersedia, dan lakukan refactoring secara berkala untuk mengidentifikasi serta menghilangkan bagian kode yang redundan.

Solusi Paling Gampang Atasi Code Duplication

Mau tahu cara paling gampang buat mengatasi code duplication? Gabung aja di training OnXP. Kamu bakal belajar banyak prinsip dan praktik terbaik buat mengatasi masalah umum kayak code duplication. Apa saja yang diajarkan sama tim OnXP?

Penerapan Prinsip DRY (Don't Repeat Yourself): Kamu bakal memahami pentingnya pinsip DRY yang membantu tim developer buat nulis kode yang bersih, terstruktur, dan terhindari dari code duplication.

Refactoring Code: Kamu juga bakal belajar cara merapikam kode yang ada, menjadikannya lebih modular dan mudah dipelihara, sehingga mengurangi kemungkinan duplikasi di masa depan.

Masih awam sama refactoring code? Cek di sini:

Terhambat oleh Kode yang Berantakan? Buat jadi Efisien dengan Refactoring Code!

Keamanan dan Pemeliharaan: Terakhir dan yang nggak kalah penting, kamu bakal belajar cara melindungi aplikasi dari kerentanan umum, plus bagaimana kode yang terstruktur baik mempermudah pemeliharaan dan mengurangi risiko duplikasi.

Code duplication dianggap sebagai solusi cepat di software development, tapi justru jadi masalah di kemudian hari. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan gabung di training OnXP!

Sudahi kompleksitas kodemu! Mari diskusikan solusinya bareng OnXP!

Diskusi bareng di sini

Dalam misi menyediakan akses pendidikan berkualitas dan inklusif

Tentang

OnXP Logo

OnXP menyediakan tempat belajar teknologi dengan biaya terjangkau dan cocok buat pemula. Kurikulum kami dirancang khusus untuk pemula, dengan materi yang mudah dipahami dan dukungan penuh dari para fasilitator.