XP Boost

Written By Rania Naura

Published on

Outdated Tools Bisa Menghambat Inovasi! Ini 5 Cara Upgradenya!

Outdated Tools Bisa Menghambat Inovasi! Ini 5 Cara Upgradenya!

Siapa sangka, satu masalah kecil pada software bisa berujung pada inovasi yang terhambat dan hilangnya jam kerja yang berharga? Ini gara-gara outdated tools, atau alat-alat yang sudah ketinggalan zaman.

Karena dunia terus berkembang, kita tidak bisa terus-terusan menggunakan outdated tools, yang bikin proses development jadi lama, tidak aman, dan sulit di-maintain oleh tim.

Terus, apa jadinya kalau tim developermu masih menggunakan outdated tools? Dan, apa solusinya? Yuk, belajar tentang outdated tools bareng OnXP!

Outdated Tools

Di dunia yang semakin modern ini, outdated tools yang mencakup teknologi, framework, library, atau metodologi yang sudah tak lagi digunakan, didukung, atau di-maintain secara luas.

Outdated tools yang digunakan bikin proses kerja jadi kurang efisien, tidak aman, atau tidak kompatibel dengan standar dan praktik modern.

Ini beberapa contoh dari outdated tools:

  • Bahasa pemrograman atau versi lama: Bahasa seperti COBOL atau versi JavaScript yang lebih tua (misalnya ES5) mungkin tidak memiliki fitur modern dan peningkatan performa yang penting.
  • Library dan framework yang sudah deprecated: Framework seperti AngularJS yang dihentikan dukungannya (depresiasi pada 2021) tidak lagi mendapatkan pembaruan, patch keamanan, dan dukungan komunitas yang dibutuhkan.
  • Sistem version control lama: Sistem lama seperti CVS atau Subversion sudah banyak digantikan oleh Git, yang lebih unggul dalam hal kolaborasi, branching, dan merging.
  • Alat testing lama: Alat testing seperti JUnit 3 atau versi lama Selenium sudah banyak digantikan oleh yang lebih cepat dan andal, seperti Cypress atau Jest, yang lebih mudah diintegrasikan dengan pipeline CI/CD.

Risiko dari Outdated Tools

Risiko dari Outdated Tools - onxp blog

Banyak perusahaan menunda pembaruan software karena merasa ribet atau untuk menghindari biaya tambahan dari update berbayar.

Alih-alih upgrade ke versi terbaru yang masih didukung oleh pengembang, mereka tetap menggunakan versi lama yang sudah tidak didukung dan deprecated. Ini yang akan terjadi kalau masih menunda pembaruan software:

Incompatibility Issues

Incompatibility issues (tidak kompatibel dengan zaman sekarang) ini menjadi masalah yang sering terjadi saat perusahaan menggunakan teknologi kuno, yang bisa bikin upaya modernisasi jadi terhambat.

Walaupun software lama mungkin masih bisa berjalan, tapi kinerjanya tidak optimal dengan teknologi yang terbaru.

Selain itu, ketidakcocokan ini malah berisiko bikin sistem yang tidak lolos uji kualitas terbaru, apalagi kalau kamu ada di industri yang aturannya ketat.

Akhirnya, perusahaan jadi terjebak – mau pakai teknologi lama, atau harus susah payah ngejar perkembangan teknologi yang lebih efisien.

Security Concerns (Kekhawatiran Keamanan)

Di era banyaknya hacker yang bisa bikin rugi sampai miliaran rupiah, tentu ini menjadi bahan pertimbangan saat menggunakan outdated tools, karena tools yang sudah ketinggalan zaman ini memiliki risiko kerentanan keamanan.

Kenapa? Karena framework lama mungkin tak punya fitur keamanan yang up-to-date yang bisa menghadapi ancaman modern. Kalau masih pake framework usang, bisa-bisa sistem kamu malah lebih mudah dibobol sama hacker.

Atasi masalah security vulnerability pakai cara ini👇

Hindari Malapetaka Bisnis! Solusi Praktis Security Vulnerability

Mengurangi Produktivitas Tim

Sadar atau tidak, produktivitas tim bisa terpengaruh, karena alat yang tidak andal bisa bikin downtime dan risiko kegagalan sistem. Kalau software yang digunakan sering bermasalah, pekerjaan sehari-hari pun bisa terhenti, dan bikin tim kehabisan waktu serta resources untuk perbaikan.

Risiko Kehilangan Data

Nah, yang satu ini, pasti dihindari banget, kan, sama setiap perusahaan? Ini sudah jadi masalah serius yang diakibatkan oleh tools atau software yang ketinggalan zaman.

Beberapa faktor kehilangan data ini bisa karena bug, ketidakcocokan hardware baru, atau bahkan serangan siber yang mengeksploitasi kelemahan keamanan yang ada.

Operating System Bugs

Operating system bugs atau bug yang ada di sistem operasi bisa terjadi karena sistem operasi yang sudah tua sering kali dipenuhi bug, plus tak lagi mendapat pembaruan atau patch keamanan. Kacau banget!

Bug yang tak diperbaiki ini bisa bikin sistem tiba-tiba crash, jadi lemot, atau tidak stabil. Makanya, ini kenapa operating system bugs ini bisa memperbesar risiko downtime, dan juga meningkatkan biaya operasional.

Solusi dari Outdated Tools

Bagaimana caranya bisa terhindar dari masalah-masalah di atas yang berdampak sama semua orang? Nih, OnXP bakal bagiin solusi yang pas buat kamu!

Fokus pada Pembaruan Software

Percaya atau tidak, teknologi atau software yang sudah kuno rentan sekali kena hack, dan juga tidak kompatibel.

Makanya, kamu harus segera memperbarui software dan mengganti teknologi yang sudah usang. Tujuannya, biar tim developermu bisa menambal celah keamanan dan bug yang ada, jadi bisa terhindar dari hacker.

Custom Software-mu

Outdated tools dan custom software, emang ada hubungannya? Jelas! Ada beberapa alasan.

Pertama, custom software dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan unik dari perusahaan kamu. Kedua, custom software memungkinkan kamu melakukan pembaruan dan modifikasi secara berkala.

Selain itu, karena custom software bisa dikembangkan dengan protokol keamanan terbaru, risiko terhadap serangan siber atau bug sistem bisa lebih terkontrol. Ini juga membantu menghindari ketergantungan pada teknologi usang.

Coba Pakai Cloud Computing

Cloud computing bikin perusahaan bisa jalanin aplikasi dan simpan data di server online, jadi kamu tidak harus repot-repot pakai hardware sendiri. Keuntungannya banyak, mulai dari lebih mudah diakses dari mana aja, lebih aman, sampai bisa hemat biaya.

Update dan keamanan juga langsung diurus sama penyedia cloud, jadi kamu juga tidak perlu pusing-pusing. Selain itu, cloud computing cocok banget buat perusahaan yang punya tim kerja remote atau hybrid, karena akses aman dan gampang bisa dilakukan dari mana aja.

Evaluasi Setiap Perubahan

Setiap kali kamu mau mengganti sistem lama dengan yang baru, pasti aka nada tantangannya, plus, masalah yang tak terduga pun muncul. Makanya, penting banget buat ngecek dan merencanakan dengan baik apa aja yang dibutuhkan dan bagaimana cara mencapainya.

Dengan perencanaan yang matang dan melibatkan tim software development yang berpengalaman, proses migrasi bisa berjalan lebih lancar, dengan prototipe dan pengujian untuk memastikan semua fitur berjalan sesuai rencana, sambil meminimalkan risiko dan biaya tambahan.

Ajak Tim Developermu Gabung di Training OnXP

Buat solusi yang paling andal, kamu bisa mengajak tim developermu dengan training OnXP. Kenapa? Karena OnXP punya tim profesional yang sudah sangat ahli di bidangnya. Terus, apa aja yang bakal kamu dapatkan?

  • Modul Pelatihan Terbaru: OnXP menyediakan pelatihan tentang teknologi, framework, dan alat software development terbaru, jadi tim developermu selalu up-to-date dengan standar industri dan praktik terbaik.
  • Pembelajaran Praktis: Pembelajaran OnXP praktis banget! Semuanya dimulai dalam 3 steps: perencanaan yang matang, mulai mengerjakan proyek, dan ketika proyek kamu siap launching. Plus, kamu bakal belajar menerapkan alat dan metodologi modern dalam skenario nyata. Menarik, kan?
  • Pelatihan Perusahaan yang Disesuaikan: Takut program pelatihannya tidak sesuai sama kebutuhanmu? Calm down! OnXP menyediakan banyak program pelatihan yang bisa kamu sesuaikan. Kalau masih belum sesuai, kamu bisa custom pelatihan. Seru banget pasti!
  • Bimbingan dari Ahli: Di OnXP, perusahaan atau tim developermu bisa mendapatkan arahan langsung dari para profesional yang sudah berpengalaman di bidang teknologi. OnXP juga bakal kasih insight yang spesifik tentang alat atau sistem yang masih relevan hingga saat ini.
  • Jalur Pembelajaran Berkelanjutan: OnXP membantu karyawan terus belajar dan berkembang dengan keterampilan baru, sehingga mereka selalu up-to-date dengan alat dan teknik terkini. Jadi, perusahaan bisa tetap kompetitif dan terhindar dari risiko outdated tools.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, sistem yang lambat dan sering bermasalah bisa menyebabkan incompatibility issues, security concern, mengganggu workflow tim, dan lainnya.

Oleh karena itu, menggunakan sistem operasi terbaru yang didukung dengan pembaruan rutin sangat penting untuk memastikan performa yang stabil, aman, dan efisien.

Jangan sampe proses update-mu jadi kayak gini👇

Ajak Tim Developermu Gabung di Training OnXP - onxp blog

Upgrade softwaremu dengan mudah, dan diskusikan kebutuhanmu dengan OnXP!

Diskusi bareng OnXP

Dalam misi menyediakan akses pendidikan berkualitas dan inklusif

Tentang

OnXP Logo

OnXP menyediakan tempat belajar teknologi dengan biaya terjangkau dan cocok buat pemula. Kurikulum kami dirancang khusus untuk pemula, dengan materi yang mudah dipahami dan dukungan penuh dari para fasilitator.