XP Boost

Written By Rania Naura

Published on

Stop Proyek Molor karena Bad Workflow! Ini 4 Trik Ampuhnya!

Stop Proyek Molor karena Bad Workflow! Ini 4 Trik Ampuhnya!

Pasti melelahkan, bukan, ketika workflow-mu berantakan? Ketika workflow tim developer tidak terorganisir dengan baik, tim sering kali menghadapi mimpi buruk, yang tentunya berdampak bagi proyek dan perusahaan.

Nah, coba lihat bagaimana pengaruh bad workflow terhadap proyek dan trik untuk mengatasinya!

Bad Workflow

Siapa yang mau kalau terus terjebak di workflow atau alur kerja yang berantakan? Simplenya, bad workflow itu kayak proses kerja yang tidak terartur, dan bikin semuanya jadi lambat. Coba bayangin, tim developermu harus berhadapan sama komunikasi yang kacau, tugas yang tumpang tindih, dan revisi terus-menerus.

Masalah yang Timbul Karena Bad Workflow

Apa jadinya kalau tim developer harus berhadapan dengan bad workflow, dan mereka harus terjebak dalam proses yang bikin frustasi? Seperti mesin yang kehilangan sinkronisasi, setiap bagian tim mulai bergerak sendiri-sendiri, tumpang tindih, dan malah memperlambat seluruh sistem.

Dampaknya? Proyek melambat, energi terbuang, dan hasil yang diharapkan jauh dari kata sempurna. Jadi kacau, kan? Ini beberapa dampak dari bad workflow:

Komunikasi dan Kolaborasi yang Tidak Efisien

Komunikasi dan Kolaborasi yang Tidak Efisien - onxp blog

Pernahkah kamu ketika proyek yang harusnya bisa cepat selesai tapi justru tersendat gara-gara komunikasi yang tidak efektif dan tim yang kurang sinkron? Nah, inilah dampak pertama yang langsung kamu rasakan akibat bad workflow.

Kalau informasi tidak tersampaikan dengan jelas, maka konsekuensinya, anggota tim bisa salah paham, dan menghambat kolaborasi antar anggota tim. Akhirnya, bad workflow bisa mempengaruhi kualitas produk akhir, merusak moral tim, kepuasan pelanggan, dan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Awas! Komunikasi yang buruk bikin proyek terpuruk! Cek cara mengatasinya di sini:

Komunikasi Buruk Bikin Proyek Terpuruk? Segera Ambil 4 Langkah Ampuh Ini!

Progress yang Lambat

Nah, dari yang awal masalahnya mungkin cuma sekadar komunikasi dan kolaborasi yang tidak efisien, malah merembet ke slow down progress. Informasi yang tidak tersampaikan dengan jelas bikin banyak waktu terbuang cuma buat klarifikasi.

Akhirnya, proyek yang harusnya selesai tepat waktu malah jadi molor, tim developermu pun harus terjebak dalam kesalahpahaman. banyak waktu terbuang hanya untuk klarifikasi.

Proyek Molor

Proyek Molor - onxp blog

Gara-gara bad workflow, masalah pun terus terjadi, termasuk proyek yang molor. Masalah-masalah kecil sebelumnya, bikin distribusi tugas tidak efisien dan terus menumpuk. Tim developermu jadi harus menghabiskan banyak waktu, padahal bisa saja dicegah lebih awal.

Semakin lama proyek molor, semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan, dan bisa jadi klien atau stakeholder pun kehilangan kepercayaan karena hasil yang tidak sesuai ekspektasi.

Bottlenecking

Bottlenecking terjadi ketika ada satu titik dalam proses kerja di mana banyak tugas atau permintaan terjebak, sehingga semuanya jadi lambat.

Akibatnya, proyek yang seharusnya selesai tepat waktu bisa jadi molor, dan tim lain juga harus menunggu. Bottlenecking jadi tanda kalau ada yang salah dalam cara kerja, dan penting untuk mengatasinya agar tim bisa bekerja lebih cepat dan efektif.

Cara Mengatasi Bad Workflow

Jangan sampai gara-gara workflow yang tidak teratur, malah jadi penghambat besar dalam produktivitas tim, miskomunikasi, dan proyek molor.

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana dan efektif yang bisa diambil untuk memperbaiki alur kerja yang kacau ini. Yuk, intip di bawah ini.

Tentukan dan Prioritaskan Tugas

Pertama dan yang terpenting, kamu harus menentukan dan prioritaskan tugas, karena jika ini tidak diatur dengan baik, tim developermu akan kebingungan.

Selain itu, prioritaskan tugas yang mendesak dan sangat penting, ini akan membantu mereka dalam menyelesaikan tugas dengan sempurna.

Break Down Sub-Tugas

Ketika kamu dan tim dihadapkan dengan proyek atau tugas yang kompleks, akan lebih baik jika kamu break down atau memecahkan beberapa sub-tugas ke bagian yang lebih kecil. Dengan begini, tim developermu akan saling membagi pekerjaan, dan tentunya dengan kerjasama yang baik.

Kamu bisa meluangkan beberapa menit ekstra untuk membuat sub-tugas untuk keunggulan seperti:

  • Membagi tugas lebih mudah
  • Membuat tugas yang kompleks jadi lebih ringan
  • Memiliki pandangan yang lebih jelas tentang kebutuhan dan hambatan dari setiap tugas

Menggunakan Alur Kerja Agile

Kalau kebutuhan proyek sering berubah, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan agile methodology. Workflow ini bisa bikin tim jadi lebih fleksibel menghadapi perubahan tanpa harus mengorbankan progress yang sudah dicapai, jadi, tim bisa lebih cepat beradaptasi.

Menggunakan Alur Kerja Agile - onxp blog

Jaga Kualitas Kode dengan Code Review

Demi menjaga kualitas dan menghindari kesalahan yang mungkin menghambat alur kerja tim, kamu bisa melakukan code review secara rutin. Jadi, kesalahan bisa diperbaiki lebih awal, komunikasi antar anggota tim meningkat, dan potensi keterlambatan proyek berkurang.

Gabung Training OnXP

Mau solusi yang lebih efektif? Gabung dengan training OnXP! OnXP bisa bantu kamu dan tim developermu buat mengatasi masalah bad workflow dengan solusi yang tepat sasaran melalui peningkatan keterampilan dan pembelajaran praktis di bidang IT dan proses bisnis. Apa aja yang bakal kamu pelajari?

Pelatihan Peningkatan Proses

OnXP menyediakan pelatihan khusus untuk menyempurnakan alur kerja, mengajarkan tim cara mengidentifikasi bottleneck, mengoptimalkan manajemen tugas, dan menerapkan metodologi seperti Agile agar tim dapat beradaptasi dengan kebutuhan yang berubah.

Pengembangan Keterampilan Manajemen Proyek

Dengan meningkatkan kemampuan manajemen proyek, OnXP bisa bantu tim developermu buat memprioritaskan tugas, mengatur waktu, dan meningkatkan kolaborasi, biar alur kerja lebih efisien dan lancar.

Peningkatan Komunikasi dan Kolaborasi

Training di OnXP berfokus sama masalah yang kamu anggep sepele sekalipun! OnXP berfokus pada peningkatan komunikasi dan kolaborasi antar tim, mengurangi kesalahpahaman, dan meminimalkan keterlambatan yang menjadi kunci dalam mengatasi alur kerja yang tidak efisien.

Pelatihan Teknis untuk Sistem Terintegrasi

OnXP juga menawarkan pelatihan teknis yang membantu tim dalam mengimplementasikan dan menggunakan solusi perangkat lunak terintegrasi untuk mengelola workflow dengan lebih baik, memastikan pelacakan tugas dan koordinasi yang lebih efektif antar departemen.

Walaupun dampak dari bad workflow ini bisa secara tidak langsung berpengaruh ke bisnismu, tapi dengan pendekatan yang tepat, mulai dari mengorganisir alur kerja, sampai meningkatkan kolaborasi, proyek pun bisa berjalan lebih lancar dan efisien.

Saatnya ambil langkah nyata dan perbaiki workflow-mu sekarang!

Gabung training OnXP

Dalam misi menyediakan akses pendidikan berkualitas dan inklusif

Tentang

OnXP Logo

OnXP menyediakan tempat belajar teknologi dengan biaya terjangkau dan cocok buat pemula. Kurikulum kami dirancang khusus untuk pemula, dengan materi yang mudah dipahami dan dukungan penuh dari para fasilitator.